433 Desa Di Indonesia Masih Tak Berlistrik

Meski rasio elektrifikasi atau tingkat perbandingan jumlah penduduk yang menikmati listrik meningkat dari tahun ke tahun. Indonesia masih...

Meski rasio elektrifikasi atau tingkat perbandingan jumlah penduduk yang menikmati listrik meningkat dari tahun ke tahun. Indonesia masih jauh tertinggal dari negara tetangga. Dalam indikator electricity access population Indonesia masih berada di peringkat 95.

Berdasarkan laporan yang diterima Presiden Joko Widodo, hingga April 2020, rasio tersebut telah mencapai angka 99,48 persen. Peningkatan rasio tersebut cukup signifikan bila dibandingkan tahun 2014 lalu yang masih berada di kisaran angka 84 persen. Capaian rasio saat ini juga telah melampaui target RPJMN 2015-2019 sebesar 96 persen.

"Tapi indonesia masih tertinggal dari Malaysia di peringkat 87, Vietnam peringkat 84, serta Singapura, Thailand, Tiongkok, dan Korea Selatan yang berada di peringkat 2," kata Presiden saat memimpin ratas mengenai peningkatan rasio elektrifikasi di pedesaan melalui telekonferensi pada Jumat 3 April 2020.

Selain itu, dalam indikator electricity supply quality, Indonesia juga masih tertinggal dari negara-negara tetangga seperti Filipina, Malaysia, Thailand, Tiongkok, dan Singapura dengan berada pada peringkat 54.

Dalam ratas tersebut juga membahas, tentang beberapa desa di tanah air yang belum teraliri listrik. Sampai saat ini, ada sekitar 433 desa di empat provinsi Indonesia masih belum dapat penerangan.

"Jadi masih ada 433 desa yang belum berlistrik. Meskipun jumlahnya sedikit kalau dibandingkan dengan jumlah desa di seluruh Tanah Air, yakni 75.000, tapi apa pun ini harus kita selesaikan," ungkap Presiden.

Rinciannya adalah, lanjutnya, sebanyak 325 desa di Papua, 102 desa di Papua Barat, 5 desa di Nusa Tenggara Timur, dan 1 desa di Provinsi Maluku.

Dalam ratas, presiden meminta diidentifikasi secara jelas desa mana yang berdekatan dengan desa yang tak berlistrik, desa mana yang jarak rumah antar penduduknya berjauhan dan mana yang berdekatan, sehingga dapat menentukan strategi pendekatan teknologi yang tepat.

Setelah identifikasi terlaksana, Presiden meminta jajarannya untuk segera menyiapkan anggaran, regulasi, dan kebijakan investasi yang diperlukan untuk mendukung program elektrifikasi di desa-desa tersebut.

Tak sampai di situ, Presiden juga ingin memastikan bahwa listrik tidak hanya masuk desa-desa tersebut, tapi juga dapat dinikmati dan diakses oleh warga, utamanya yang berada di lapisan bawah, sehingga mereka dapat memenuhi keperluannya sekaligus memberikan nilai tambah bagi peningkatan produktivitas ekonomi di desa-desa tersebut.

"Dengan adanya listrik kita harapkan anak-anak bisa belajar di malam hari dengan penerangan lampu yang cukup sehingga kualitas pendidikan kita juga semakin meningkat," tutupnya.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: 433 Desa Di Indonesia Masih Tak Berlistrik
433 Desa Di Indonesia Masih Tak Berlistrik
https://1.bp.blogspot.com/-YByOc7dBMUM/XocFPKPjInI/AAAAAAAAAXQ/M_ZqSOB_1UEBJ7goJJiiI3hxwVJMe_CpACLcBGAsYHQ/s320/Screenshot_2020-04-03-16-41-26-862_com.UCMobile.intl.png
https://1.bp.blogspot.com/-YByOc7dBMUM/XocFPKPjInI/AAAAAAAAAXQ/M_ZqSOB_1UEBJ7goJJiiI3hxwVJMe_CpACLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_2020-04-03-16-41-26-862_com.UCMobile.intl.png
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/04/433-desa-di-indonesia-masih-tak.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/04/433-desa-di-indonesia-masih-tak.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy