Ada 213 Laporan Pengaduan Yang Diterima KPAI Selama Covid-19 Terkait Kegiatan Belajar Mengajar Di Rumah

Selama mewabahnya Covid-19, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), menerima berbagai laporan pengaduan soal Kegiatan Belajar Mengajar ...

Selama mewabahnya Covid-19, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), menerima berbagai laporan pengaduan soal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di rumah, berikut rincian beberapa laporannya.

95 pengaduan dari SMA, 32 pengaduan dari SMK, 19 pengaduan dari MA, 23 pengaduan dari SMP, satu pengaduan dari MTS, tiga pengaduan dari SD, dan satu pengaduan dari TK. Pengaduan terbanyak adalah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Komisioner KPAI, Retno Listyarti mengungkapkan, salah satu pengaduan yang datang terkait proses belajar mengajar tidak berjalan dua arah, yakni antara murid dan guru.

"Selama melewati masa tiga minggu, para siswa mengaku jenuh. Karena guru selalu memberi tugas tiap hari. Namun guru tidak pernah menjelaskan materi, artinya tidak terjadi pembelajaran dua arah," tutur Retno melalui konferensi video, Senin 13 April.

Retno memaparkan, bahkan masih banyak guru yang mengaku bingung mengelola pembelajaran jarak jauh. Ragam media yang ada juga tidak dimanfaatkan sebagai alternatif belajar.

KPAI juga terima sejumlah persoalan lain. Salah satunya penolakan dari siswa membayar SPP bulanan secara penuh karena tidak ada aktivitas pembelajaran seperti umumnya.

"Beberapa pengaduan siswa sekolah swasta yang menyatakan keberatan membayar uang iuran sekolah/SPP secara penuh karena tidak ada aktivitas pembelajaran di sekolah," ungkap Retno.

Sedangkan bagi siswa dengan orang tua berpenghasilan harian, perkara biaya kuota jadi kendala yang banyak dilaporkan.

"Ada sopir ojek online yang memiliki tiga anak, dua di jenjang SD dan satu di jenjang SMA, kewalahan dalam membeli kuota internet. Padahal penghasilan sebagai ojol menurun drastis," tuturnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri menyatakan, sekolah bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membeli kuota atau pulsa. Menurut Retno, hal ini tak langsung menyelesaikan masalah.

Ia berpendapat tidak mungkin setiap anak dalam satu sekolah diberikan pulsa dari dana BOS. Artinya pemerintah harus memetakan lebih jelas kriteria anak yang bisa dibelikan pulsa dan yang tidak.

Untuk mencegah kebingungan dalam proses belajar mengajar, KPAI meminta Kemendikbud untuk membuat kurikulum khusus selama KBM di tengah wabah Covid-19. Terlebih, KBM dari rumah bisa berlangsung hingga hitungan bulan.

"Artinya pembelajaran jarak jauh dengan segala keterbatasan akan berlangsung lama dengan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Serta minim pendampingan guru dalam proses pembelajaran." Ucapnya.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Ada 213 Laporan Pengaduan Yang Diterima KPAI Selama Covid-19 Terkait Kegiatan Belajar Mengajar Di Rumah
Ada 213 Laporan Pengaduan Yang Diterima KPAI Selama Covid-19 Terkait Kegiatan Belajar Mengajar Di Rumah
https://1.bp.blogspot.com/-X0lTWvTz-sw/XpSPN52W-wI/AAAAAAAAAjM/d_WpZUIbB1oQtGCPwTsv9M5NCXIszg03wCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200413-WA0045.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-X0lTWvTz-sw/XpSPN52W-wI/AAAAAAAAAjM/d_WpZUIbB1oQtGCPwTsv9M5NCXIszg03wCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200413-WA0045.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/04/ada-213-laporan-pengaduan-yang-diterima.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/04/ada-213-laporan-pengaduan-yang-diterima.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy