"Astaghfirullah" Usai Data Corona Dibuka, Semua Tercengang

Di tengah kondisi yang begitu was-was akibat penyebaran virus Corona, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 membuka beberapa data, ya...

Di tengah kondisi yang begitu was-was akibat penyebaran virus Corona, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 membuka beberapa data, yaitu data orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) Corona di Tanah Air. Totalnya adalah membuat mata tercengang yaitu, 139.137 ODP dan 10.482 PDP.

"Kelompok saudara-saudara kita yang termasuk kategori orang dalam pemantauan sampai saat ini sudah tercatat 139.137 orang," kata juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan saluran YouTube BNPB, Selasa 14 April 2020.

Yuri mengaku, ratusan ribu ODP ini menjadi perhatian besar terkait penyebaran virus Corona. Karena ada yang kondisinya tak sakit dan juga ada yang sakit ringan. Sehingga tanpa sadar berpotensi menjadi sumber penularan.

"Ini yang menjadi perhatian kita, karena tak menutup kemungkinan dari saudara-saudara kita yang masuk dalam pemantauan dalam kondisi yang tidak sakit, dengan kondisi yang sakit ringan. Sehingga bisa dirasakan seakan-akan tidak sakit dan berpotensi menjadi sumber penularan, apabila tidak dirawat dengan baik, atau isolasi diri, ataupun karantina diri dengan cara yang sebaik-baiknya," jelas Yuri.

Setelah itu, kemudian Yuri memaparkan data jumlah PDP hari ini usai melakukan beberapa macam tes, "PDP sampai dengan saat ini ada 10.482 orang."

Yuri melanjutkan, sejak Corona ditetapkan sebagai bencana nasional, seluruh data terkait wabah diintegrasikan mulai dari tingkat desa hingga pemerintah pusat. Sehingga, dikendalikan oleh satu sistem.

"Setelah ditetapkan sebagai satu bencana nasional, maka seluruh integrasi data yang kita bangun mulai dari desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan seterusnya sampai ke pusat berada dalam satu sistem, satu kendali data, satu jaring data," ujar dia.

"Sehingga seluruhnya bisa kita lihat dan akses secara terbuka dan bisa dilihat secara lebih transparan," ucap Yuri.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran kabinet menyampaikan komunikasi efektif dan memberikan penjelasan yang transparan mengenai penanganan virus Corona (COVID-19). Jokowi tidak ingin adanya kesimpangsiuran informasi di masyarakat.

"Mengenai komunikasi yang efektif, yang memberikan penjelasan-penjelasan secara transparan kepada media, ini harus dilakukan dengan detail dan baik. Jangan sampai banyak berita yang baik tidak bisa disampaikan. Sehingga rasa optimis masyarakat menjadi cenderung masuk ke hal-hal yang tidak positif," ujar Jokowi dalam sidang kabinet paripurna secara virtual pada Selasa tadi.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: "Astaghfirullah" Usai Data Corona Dibuka, Semua Tercengang
"Astaghfirullah" Usai Data Corona Dibuka, Semua Tercengang
https://1.bp.blogspot.com/-9icDdeEAmBg/XpWvXSnQgVI/AAAAAAAAAkg/BPqSW77RrRQxzbjK8WFjj9J20GT2tMp8gCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200414-WA0040.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9icDdeEAmBg/XpWvXSnQgVI/AAAAAAAAAkg/BPqSW77RrRQxzbjK8WFjj9J20GT2tMp8gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200414-WA0040.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/04/astaghfirullah-usai-data-corona-dibuka_14.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/04/astaghfirullah-usai-data-corona-dibuka_14.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy