Industri Penerbangan Terancam PHK 25 Juta Pekerja Akibat Corona

Covid-19 membuat industri penerbangan tak berdaya. Bila terus berlanjut, maka diperkirakan sekitar 25 juta pekerjanya terancam PHK. Spek...

Covid-19 membuat industri penerbangan tak berdaya. Bila terus berlanjut, maka diperkirakan sekitar 25 juta pekerjanya terancam PHK.

Spekulasi ini dijadikan oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional atau IATA dalam press releasenya. Dilansir dari situs resminya Jumat 10 April 2020, akan ada trend pemecatan besar-besaran di industri penerbangan mewabahnya virus mematikan itu.

Menurut IATA, saat ini ada sekitar 65,5 juta orang di dunia yang tergantung pada industri penerbangan. Termasuk juga di dalamnya ada sektor travel dan pariwisata. Dan sekitar 2,7 juta di antaranya orang yang bekerja di industri penerbangan global.

Melihat sejumlah negara selama tiga bulan belakangan ini menerapkan lockdown, IATA memperkirakan bahwa ada sekitar 25 juta pekerja di industri penerbangan dan juga industri terkait berada di ujung tanduk.

Inilah gambaran angka secara teknis, 11,2 juta pekerja di Asia Pasifik, 5,6 juta di Eropa, 2,9 juta di Amerika Latin, 2 juta pekerja di Amerika Utara, 2 juta pekerja di Afrika dan 0,9 juta pekerja di Timur Tengah. Dan ini yang akan terdampak oleh penurunan di industri penerbangan dan sektor terkait secara global nantinya.

Masih dalam hal yang sama, maskapai diprediksikan mengalami penurunan revenue sepanjang tahun sejumlah USD 252 milyar di tahun 2020 dibandingkan tahun 2019. Kuarter kedua tahun ini diperkirakan akan sangat vital. Prediksi terburuk, akan ada penurunan sekitar 70% dan uang tunai yang dibakar hingga USD 61 miyar.

"Tak ada kata yang dapat menggambarkan kerugian dahsyat akibat COVID-19 pada industri penerbangan. Kerugian ekonomi itu akan dibagi pada 25 juta orang pekerja industri terkait. Dan nasib maskapai sekarang sedang kritis," ujar Ketum dan CEO IATA, Alexandre de Juniac.

Selain itu, pihak maskapai di bawah IATA, diharap segera bangkit dan bersiap kembali apabila pandemi corona telah usai. Dan juga meminta bantuan ekonomi dan keringanan aturan pada Pemerintah di berbagai negara.

Saat ini, pihak IATA dan maskapai yang bernaung di bawahnya hanya bisa memantau pergerakan tiap negara dan mencari solusi atau jalan tengah dengan semua pihak.

"Maskapai akan terus mencoba menghubungkan dunia, dan kami akan melakukannya lewat aneka model bisnis. Tapi, proses industri akan butuh waktu untuk beradaptasi. Kami harus segera mengerjakan ini dengan cepat. Sekitar 25 juta pekerja yang berada di ujung tanduk sangat bergantung pada efisiensi yang dilakukan industri," tutup Juniac.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Industri Penerbangan Terancam PHK 25 Juta Pekerja Akibat Corona
Industri Penerbangan Terancam PHK 25 Juta Pekerja Akibat Corona
https://1.bp.blogspot.com/-evTAuRqzFOU/XpCES5tbSBI/AAAAAAAAAfs/gm4C8Ynkum0YhwxsMjwfzlMJRkQKWGB1ACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200410-WA0041.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-evTAuRqzFOU/XpCES5tbSBI/AAAAAAAAAfs/gm4C8Ynkum0YhwxsMjwfzlMJRkQKWGB1ACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200410-WA0041.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/04/industri-penerbangan-terancam-phk-25.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/04/industri-penerbangan-terancam-phk-25.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy