Ini Kata Quraish Shihab, Tentang Menolak Jenazah dalam Pandangan Agama

Penolakan jenazah COVID-19 sempat terjadi beberapa kali, kasus seperti ini membuat para tokoh agama khawatir dan mengundang rasa prihatin,...

Penolakan jenazah COVID-19 sempat terjadi beberapa kali, kasus seperti ini membuat para tokoh agama khawatir dan mengundang rasa prihatin, termasuk ulama senior KH Quraish Shihab. Ulama ini mengingatkan soal empati dan sikap jika ada seseorang yang meninggal dunia.

"Apakah anda tahu, atau keluarga anda yang bisa jadi mengalami hal serupa rela diperlakukan seperti ini? Ukurlah diri anda ketika memperlakukan orang lain," kata KH Quraish Shihab dalam Kelas.mu Belajar Live, Menolak Jenazah dalam Pandangan Agama dan Sisi Kemanusiaan yang dipandu Alissa Wahid pada Minggu 12 April 2020.

Selain empati, agama juga mengajarkan sikap baik pada orang yang telah meninggal. Mereka yang masih hidup harus menghormati jenazah dan menguburkan secepatnya. Penguburan terkait proses penciptaan manusia yang berasal dari tanah, dikembalikan ke tempat yang sama, hingga nanti menghadap pada Allah SWT.

Prinsip proses penguburan jenazah adalah tidak boleh ada penundaan. Menurut KH Quraish Shihab, orang yang berperang melawan Nabi Muhammad SAW saja ketika meninggal harus segera dikubur. Artinya, tidak ada alasan menahan proses pemakaman, termasuk untuk jenazah COVID-19.

Mereka yang meninggal karena infeksi virus corona kedudukannya lebih khusus lagi karena dinilai syahid. Kedatangan mereka telah dinanti malaikat sehingga tidak wajar ketika dihalangi saat harus dikubur.

"Kita lihat, tidak ada alasan untuk menghalangi setelah semua protokol dan cara yang ditentukan agama serta kesehatan terpenuhi. Jadi sikap menghalangi atau apapun namanya tidak bisa dibenarkan," kata KH Quraish Shihab.

Menghalangi atau menolak penguburan jenazah COVID-19 terasa menyakitkan bagi keluarga yang ditinggal. Tindakan tersebut terasa lebih menyakitkan jika jenazah berjasa pada penanganan COVID-19. Perlakuan penolakan atau menghalangi penguburan tidak sesuai dengan nilai kemanusiaan dan tuntunan agama.

Rasa takut dan khawatir terinfeksi virus corona tidak jadi alasan menghalangi atau menolak jenazah COVID-19. Rasa takut adalah ekspresi yang wajar, namun ada saat dan cara yang tepat untuk menghindarinya.

"Menghalangi penguburan jenazah tidak tepat. Karena itu, bertanyalah pada yang paham. Tidak lantas mengambil sikap yang mencederai hati dan keluarga korban," ucap KH Quraish Shihab.

Pengetahuan dari yang paham, menjadi dasar untuk bersikap baik dan menghormati jenazah COVID-19. Selain tidak menghalangi proses penguburan, sikap selanjutnya adalah membantu keluarga yang ditinggalkan.

"Keluarga tersebut harus kita doakan, supaya tetap kuat dan ikhlas, bukannya dikucilkan atau mendapat perlakuan buruk," tegasnya.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Ini Kata Quraish Shihab, Tentang Menolak Jenazah dalam Pandangan Agama
Ini Kata Quraish Shihab, Tentang Menolak Jenazah dalam Pandangan Agama
https://1.bp.blogspot.com/-cQ9IjnpuPXM/XpNHA8xVk8I/AAAAAAAAAiI/8SoQWINXDpgGCj4wRnQ-G5Mp9oXKYUuHwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200412-WA0065.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-cQ9IjnpuPXM/XpNHA8xVk8I/AAAAAAAAAiI/8SoQWINXDpgGCj4wRnQ-G5Mp9oXKYUuHwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200412-WA0065.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/04/ini-kata-quraish-shihab-tentang-menolak.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/04/ini-kata-quraish-shihab-tentang-menolak.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy