KUR Sektor Pertanian, Turut Dapat Relaksasi

Kebijakan pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang perekonomian resmi membebaskan pembayaran bunga dan penundaan pokok angsuran, ...

Kebijakan pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang perekonomian resmi membebaskan pembayaran bunga dan penundaan pokok angsuran, bagi Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian. Mereka turut mendapat relaksasi sebagai upaya menangkal dampak virus corona (Covid-19), dengan estimasi waktu paling lama enam bulan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, keringanan ini adalah salah satu cara merespon ancaman dampak Covid-19 terhadap produksi pertanian. Dan sesuai instruksi yang diberikan Presiden Jokowi. Akan berlaku mulai 1 April 2020.

"Pembebasan pembayaran bunga dan penundaan pembayaran pokok KUR akan diikuti relaksasi ketentuan KUR dengan memberikan perpanjangan jangka waktu dan tambahan plafon," kata dia pada keterangan tertulisnya, Senin 13 April 2020.

Menurutnya, hingga 7 April 2020 realisasi KUR sektor pertanian yakni sebesar Rp13,46 triliun. Dari jumlah itu komoditas tanaman pangan menyerap sebesar Rp3,86 triliun, perkebunan Rp4,12 triliun, hortikultura dapat menyerap Rp1,61 triliun, peternakan menyerap KUR sebesar Rp2,68 truliun serta jasa pertanian, penggilingan padi juga kombinasi pertanian lainnya dapat menyerap KUR sebesar Rp1,19 triliun.

"Serapan KUR yang dikhususkan untuk sektor pertanian sudah mencapai lebih Rp13 triliun dari alokasi Rp50 triliun dengan bunga 6%," ungkap dia.

Dia menjelaskan, program ini sudah dikendalikan dengan aturan yang cukup ketat karena langsung diawasi para pimpinan daerah. Meskipun begitu, pemerintah tetap menjamin dan membuka akses perkreditan ini secara luas.

"Sektor pertanian tidak boleh goyah akibat virus corona. KUR ini juga sebagai upaya agar dampaknya tidak sampai memukul perekonomian petani," jelas dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menambahkan, untuk mendapatkan relaksasi di tengah corona ini ada sejumlah persyaratan.

Bagi debitur KUR, eksisting yang terkena dampak Covid-19, mereka akan diberikan relaksasi ketentuan restrukturisasi KUR dengan kebijakan perpanjangan jangka waktu KUR, atau kebijakan penambahan limit platform KUR (khususnya bagi debitur KUR Kecil dan KUR Mikro non Produksi).

Sementara, untuk calon debitur KUR yang baru, diberikan relaksasi pemenuhan persyaratan administratif pengajuan KUR, seperti Izin Usaha, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan dokumen agunan tambahan.

"Semua dokumen ditangguhkan sampai kondisi memungkinkan. Mereka pun dapat mengakses KUR secara online," tandas dia.

Adapun kriteria penerima KUR yang mendapatkan perlakuan khusus ada syaratnya. Syarat umum, kualitas kredit per 29 Februari 2020 yakni kolektabilitas performing loan (kolektabilitas 1 dan 2) dan tidak sedang dalam masa restrukturisasi.

Ataupun kolektabilitas performing loan (kolektabilitas 1 dan 2) dan dalam masa restrukturisasi, dapat diberikan stimulus dengan syarat restrukturisasi berjalan lancar sesuai PK restrukturisasi dan tidak memiliki tunggakan bunga dana atau pokok. "Debitur harus bersikap kooperatif dan memiliki itikad baik," kata dia.

Sementara untuk syarat khusus berupa penerima KUR mengurangi penurunan usaha dikarenakan minimal, kondisi seperti lokasi usaha berada daerah terdampak Covid-19 yang diumumkan pemerintah setempat, terjadi penurunan pendapatan atau omzet karena mengalami gangguan terkait Covid-19.

"Dan bagi yang mengalami gangguan terhadap proses produksi karena dampak Covid-19," tutupnya.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: KUR Sektor Pertanian, Turut Dapat Relaksasi
KUR Sektor Pertanian, Turut Dapat Relaksasi
https://1.bp.blogspot.com/-DbyieHLLxFM/XpV82XVG8iI/AAAAAAAAAj4/ZI1VvwAr61QEz7wsNACp6aCiKl5FeOXkACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200414-WA0003.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DbyieHLLxFM/XpV82XVG8iI/AAAAAAAAAj4/ZI1VvwAr61QEz7wsNACp6aCiKl5FeOXkACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200414-WA0003.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/04/kur-sektor-pertanian-turut-dapat.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/04/kur-sektor-pertanian-turut-dapat.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy