Pekerja Harian DKI, Dapat Bantuan Kemensos 150.000 Per Minggu

Corona semakin merajalela, situasi ekonomi pun semakin terpuruk. Dan akhirnya sedikit lega, karena pemerintah melalui Kementerian Sosial (...

Corona semakin merajalela, situasi ekonomi pun semakin terpuruk. Dan akhirnya sedikit lega, karena pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mempersiapkan bantuan bagi 3,7 juta keluarga penerima manfaat di DKI Jakarta dan sekitarnya. Bantuan itu akan berbentuk paket sembako dan bukan bantuan tunai.

"Ini bukan BLT, ini sembako. Tidak ada yang lebih dari Rp 600 ribu karena standarnya kartu pra kerja Rp 600 ribu," kata Menteri Sosial Juliari Batubara dalam rapat virtual dengan Komisi VIII DPR, Selasa 7 April tadi.

Terkait mekanisme penyaluran, Juliari mengatakan, Jokowi meminta bantuan tersebut diberikan per minggu. Bantuan sosial sembako tersebut nantinya akan diantar ke rumah penerima bantuan.

"Bansos berupa sembako dan diantarkan ke rumah. Pak Presiden meminta agar paket sembako diantar setiap minggunya. Jadi kalau Rp 600 ribu dibagi 4, setiap minggu dapat Rp 150 ribu setiap minggu," ujarnya.

Menurut Juliari, jika lancar, bantuan tersebut akan disalurkan mulai 20 April mendatang. Bantuan ini sifatnya bansos khusus bagi pekerja harian di Jakarta, yang datanya sudah diberikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Penerima bantuan tersebut tidak harus memiliki KTP DKI Jakarta.

"Ini penugasan khusus untuk para penduduk Jakarta yang tidak harus KTP Jakarta, tapi pekerja harian di DKI dan mereka sekarang mendapatkan kesulitan karena tidak punya income, makanya ada program khusus ini," jelas Juliari.

Sementara itu, untuk masyarakat di wilayah yang berbatasan langsung dengan Jakarta, yaitu Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi -Bodetabek, Kemensos juga akan memberikan paket bantuan sembako. Penerima bantuan ini akan didasarkan pada data dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS Kemensos.

"Di luar Jakarta, di Kab Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, adalah wilayah yang langsung berbatasan dengan DKI, kami juga akan berikan bansos khusus dalam bentuk sembako. Data yang kami gunakan di sini adalah data yang DTKS, karena kami tidak bisa terlalu lama menunggu. Karena Presiden mau kami kerja cepat," ungkap Juliari.

"Sehingga kalau tadi di DKI karena permintaan Gubernur, Gubernur memberikan data kita. Tapi kalau Bodetabek ini kita sudah kontak setiap Kepala Dinas Sosial, tapi kita mengasumsikan data yang ada di DTKS kami yaitu sekitar 576.434 jiwa atau 1.647.674 jiwa dalam bentuk sembako. Indeksnya juga Rp 600 ribu dan durasinya 3 bulan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Juliari mengatakan bantuan akan diberikan selama 3 bulan kedepan. Bantuan khusus itu diberikan untuk warga yang tidak bisa mudik dan penghasilannya terganggu akibat dampak kebijakan penanganan virus Corona.

"Jadi semuanya Rp 600 ribu dan semua 3 bulan, jadi April, Mei, Juni. Kita juga tahu sebentar lagi ada bulan puasa, lebaran, Idul Fitri. Jadi bansos ini memang kita perlukan untuk warga-warga yang tidak bisa mudik dan penghasilannya terganggu selama adanya Covid-19 dan PSBB," ucap Juliari.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Pekerja Harian DKI, Dapat Bantuan Kemensos 150.000 Per Minggu
Pekerja Harian DKI, Dapat Bantuan Kemensos 150.000 Per Minggu
https://1.bp.blogspot.com/-MM-3ekNwQlw/Xox7PZJvwmI/AAAAAAAAAb8/2hTFdAvAGSMOrYmZ_hSwU0n2W2L74dwbACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200407-WA0042.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-MM-3ekNwQlw/Xox7PZJvwmI/AAAAAAAAAb8/2hTFdAvAGSMOrYmZ_hSwU0n2W2L74dwbACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200407-WA0042.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/04/pekerja-harian-dki-dapat-bantuan.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/04/pekerja-harian-dki-dapat-bantuan.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy