Pemudik Transportasi Umum, Wajib Bawa Surat Keterangan Sehat Dari Dokter

Bagi pemudik yang akan kembali ke kampung halaman menggunakan moda transportasi umum, pemerintah telah menetapkan aturan lewat Permenhub N...

Bagi pemudik yang akan kembali ke kampung halaman menggunakan moda transportasi umum, pemerintah telah menetapkan aturan lewat Permenhub Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona.

Dalam permenhub tersebut, pemudik yang akan menggunakan transportasi umum wajib memiliki surat keterangan sehat dari dokter. Tujuannya adalah untuk menekan potensi penularan virus corona sepanjang perjalanan.

"Kepastian tiket sudah diperoleh sebelum berangkat ke terminal sekaligus membawa surat keterangan sehat,"  seperti yang dikutip dari permenhub tersebut.

Aturan ini berlaku di setiap moda transportasi umum, baik bus, kereta api, pesawat, sampai kapal penyeberangan. Ikut ditegaskan, pemudik dihimbau tidak menggunakan motor karena dianggap tidak menerapkan aturan jaga jarak (physical distancing).

"Berangkat ke terminal, Stasiun, Bandara, dan Pelabuhan tidak naik motor sebagai penumpang karena tidak memenuhi syarat physical distancing, pastikan stamina dalam kondisi sehat," dalam aturan tersebut.

Selain itu, pemudik juga diharuskan menggunakan masker saat dalam perjalanan hingga tujuan. Penyedia jasa layanan transportasi telah menyiapkan fasilitas dan tempat cuci tangan.

"Pemudik harus memakai masker, prasarana mempersiapkan fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer di pintu masuk terminal, stasiun, bandara dan pelabuhan," tercantum dalam aturan itu.

Sementara itu bagi masyarakat yang ingin menggunakan kapal penyeberangan, harus membeli tiket secara daring (online) per 1 Mei 2020 mendatang.

Hal ini dilakukan agar tak ada lagi kontak fisik antara masyarakat dengan petugas, demi meminimalisir risiko penyebaran virus corona. Masyarakat bisa membeli tiket kapal secara online atau melalui minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyatakan kebijakan ini diberlakukan di tengah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, Depok, Bekasi, dan Bogor.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum iklan iklan1 ILM Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Pemudik Transportasi Umum, Wajib Bawa Surat Keterangan Sehat Dari Dokter
Pemudik Transportasi Umum, Wajib Bawa Surat Keterangan Sehat Dari Dokter
https://1.bp.blogspot.com/-WBSyKDy8nlA/XpK_pzZi7xI/AAAAAAAAAhY/Oiz_PeFNwDgX_xqFYTI3fUx6e-taw5CcACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200412-WA0021.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WBSyKDy8nlA/XpK_pzZi7xI/AAAAAAAAAhY/Oiz_PeFNwDgX_xqFYTI3fUx6e-taw5CcACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200412-WA0021.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/04/pemudik-transportasi-umum-wajib-bawa.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/04/pemudik-transportasi-umum-wajib-bawa.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy