Penetapan Bencana Nasional Bukan Karena Force Majeur

Presiden, menetapkan Covid-19 yang melanda Indonesia sebagai bencana nasional. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) yang ditandatanganinya...

Presiden, menetapkan Covid-19 yang melanda Indonesia sebagai bencana nasional. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) yang ditandatanganinya bernomor 12/2020 tentang Penetapan Bencana Non-alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai Bencana Nasional. Keppres ini berlaku pada tanggal ditetapkan yakni 13 April 2020.

"Menyatakan bencana non alam yang diakibatkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai bencana nasional," dalam Keppres yang ditandatangani Jokowi.

"Penanggulangan bencana nasional yang diakibatkan oleh penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2O2O tentang Perubahan atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2O2O tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) melalui sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah," sambungnya.

Dalam Keppres itu, Jokowi juga meminta Gubernur, bupati, dan wali kota sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di daerah. Dengan tujuan agar kebijakan di daerah selaras dengan Pemerintah Pusat.

Adapun penetapan sebagai bencana nasional itu tidaklah sembarang. Sebab, bencana nasional bisa dikategorikan setelah melihat berbagai perkembangan, yaitu:

1. Jumlah korban;
2. Kerugian harta benda;
3. Kerusakan prasarana dan sarana;
4. Cakupan luas wilayah yang terkena bencana; dan
5. Dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.

Pemerintah Jamin Transparansi Data Usai Penetapan Bencana Nasional

Pemerintah menyatakan dengan berlakunya status bencana nasional maka seluruh integrasi data dari tingkat desa/kelurahan hingga pusat berada dalam satu sistem. Data terkait Corona bisa diakses kapan dan di mana saja oleh publik.

"Pada hari ini setelah ditetapkan sebagai satu bencana nasional, maka seluruh integrasi data yang kita bangun mulai dari desa, kecamatan, kabupaten, kota, provinsi, dan seterusnya sampai ke pusat berada dalam satu sistem, berada dalam satu kendali data, berada dalam satu jaring data," ujar juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di saluran YouTube BNPB.

"Sehingga seluruhnya bisa kita lihat dan kita bisa akses secara terbuka dan bisa dilihat secara lebih transparan," sambung Yuri.

Menko Polhukam Mahfud Md menilai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2020 tentang penetapan virus Corona (COVID-19) sebagai bencana nasional tidak dapat dijadikan dasar sebagai force majeur. Karena itu, menurut Mahfud, kontrak-kontrak tetap terikat pada ketentuan yang berlaku.

Mahfud mengatakan kontrak-kontrak itu tetap terikat dalam ketentuan perundang-undangan.

"Keppres Nomor 12/2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran COVID-19 sebagai Bencana Nasional tidak dapat dijadikan dasar sebagai 'force majeur' untuk membatalkan kontrak," tulis Mahfud dalam akun Twitter resminya.

"Kontrak-kontrak tetap terikat pada ketentuan Pasal 1338 KUHPerdata yang relaksasinya bisa diatur OJK. Elaborasinya nanti saya videokan," tutur Mahfud.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Penetapan Bencana Nasional Bukan Karena Force Majeur
Penetapan Bencana Nasional Bukan Karena Force Majeur
https://1.bp.blogspot.com/-H3WfudG_-Zw/XpajW48hUMI/AAAAAAAAAlc/vp4cA4_7fTgIX77iu91vfBlJu0yEvpCuACLcBGAsYHQ/s320/Screenshot_2020-04-01-07-59-29-178_com.instagram.android.png
https://1.bp.blogspot.com/-H3WfudG_-Zw/XpajW48hUMI/AAAAAAAAAlc/vp4cA4_7fTgIX77iu91vfBlJu0yEvpCuACLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_2020-04-01-07-59-29-178_com.instagram.android.png
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/04/penetapan-bencana-nasional-bukan-karena.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/04/penetapan-bencana-nasional-bukan-karena.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy