Terkait Penolakan Jenazah Pasien Covid-19, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Untuk Rasional Bukan Emosional

Hebohnya penolakan pemakaman jenazah pasien corona masih terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Seperti beberapa waktu lalu di Tasikmala...

Hebohnya penolakan pemakaman jenazah pasien corona masih terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Seperti beberapa waktu lalu di Tasikmalaya, Jawa Barat, jenazah positif corona terpaksa harus tertahan di mobil ambulans selama berjam-jam lantaran pemakamannya ditolak warga.

Hal serupa juga terjadi di Sumedang, Jawa Barat, jenazah seorang profesor yang meninggal dunia setelah terjangkit virus corona juga mengalami hal yang sama. Bahkan sempat ditolak di beberapa tempat pemakaman, sehingga petugas kesulitan menguburkan almarhum. Meskipun akhirnya bisa dikuburkan.

Namun, persoalan ini sampai juga ke telinga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dan langsung direspon lewat akun resmi sosial media pemprov Jabar pada Sabtu 4 April.

Ridwan Kamil menegaskan, Masalah covid-19 adalah masalah bersama, bukan tugas pemerintah saja namun tugas semua elemen masyarakat, membantu, mempercepat penyelesaian masalah ini.

Keputusan harus berdasarkan ilmu, bukan berdasarkan feeling, bukan berdasarkan "katanya", oleh karena itu semua keputusan harus rasional bukan emosional.

"Saya mendengar ada beberapa berita, dimana pasien-pasien covid-19 ini ditolak masyarakat dengan alasan takut virus menular. Itu tidak benar, karena virus itu mati pada saat inangnya mati atau jenazahnya meninggal dunia. Artinya virus itu juga ikut mati," terang Kang Emil sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, rumah sakit sudah melakukan prosedur yang disarankan oleh WHO, sehingga sudah sangat-sangat aman. Marilah berempati, masyarakat tidak perlu takut.

"Bayangkan anda sebagai keluarga yang ditinggal kan. Sudah begitu berduka, sehingga kita harus punya rasa yang toleran. Dan jangan menambah luka dengan stigma, karena mereka sudah kehilangan, mereka butuh dukungan, butuh dikuatkan, mari kuatkan rasa kemanusiaan, dengan merasakan apa yang orang rasakan. Kita bersama-sama menjadi satu, yaitu bangsa Indonesia yang luar biasa," ucapnya.

Lebih jauh dari itu, sama-sama manusia yang diberi rasa oleh Allah, mari dukung program percepatan penanggulangan Covid-19 ini. Dengan cara berempati, bertoleransi, dan gunakan ilmu yang rasional. Bukan asumsi yang emosional dalam mengatasi Masalah.

"Harapan saya, semoga tidak ada lagi berita-berita penolakan pemakaman pasien covid-19 di Jawa barat terjadi," tutupnya lewat video berdurasi lebih kurang dua menit.
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Terkait Penolakan Jenazah Pasien Covid-19, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Untuk Rasional Bukan Emosional
Terkait Penolakan Jenazah Pasien Covid-19, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Untuk Rasional Bukan Emosional
https://1.bp.blogspot.com/-pFBp9AIWqiQ/XomM7g1OMEI/AAAAAAAAAZQ/vdFfpb1Lct4iO8gwD6KOnKuyTVSd19G_gCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20200404_104410.png
https://1.bp.blogspot.com/-pFBp9AIWqiQ/XomM7g1OMEI/AAAAAAAAAZQ/vdFfpb1Lct4iO8gwD6KOnKuyTVSd19G_gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200404_104410.png
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2020/04/terkait-penolakan-jenazah-pasien-covid.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2020/04/terkait-penolakan-jenazah-pasien-covid.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy