KKB Layak Dikategorikan Teroris

Wakil Ketua Fraksi PPP sekaligus Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha meminta TNI dan Polri menindak tegas Kelompok Kriminal Bersenjata (...

Wakil Ketua Fraksi PPP sekaligus Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha meminta TNI dan Polri menindak tegas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. KKB perlu ditetapkan sebagai pelaku terorisme.

Menurutnya, kekerasan yang dilakukan  perlu direspon tegas oleh aparat keamanan. Sebab, KKB tidak segan-segan untuk membunuh serta memperkosa masyarakat sipil dan ini merupakan fenomena aksi teror baru yang meresahkan masyarakat, khususnya bagi masyarakat Papua.

"Sehingga saya berharap pihak TNI dan Kepolisian segera menindak tegas aksi tesebut dan menetapkan bahwa organisasi KKB sebagai pelaku terorisme sebagaimana diatur oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme," katanya di Jakarta, Senin (19/4).

Tamliha menjelaslan, dalam UU Nomor 5 Tahun 2018 tersebut sudah jelas disebutkan bahwa definisi terorisme adalah perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas, menimbulkan korban yang bersifat massal dengan motif ideologi, politik atau gangguan keamanan.


"Sehingga kami melihat melihat aksi teror KKB yang tidak berperikemanusiaan tersebut  telah termasuk dalam definisi terorisme tersebut," tegas Ketua DPP PPP ini.

Dia bilang, dalam menentukan sebuah kelompok masuk dalam kategori teroris atau tidak, pemerintah jangan sampai hanya terjebak dengan aksi motif ideologi pada kelompok radikal atas agama saja, melainkan menindaknya dengan pemahaman yang utuh terhadap definisi terorisme sebagaimana yang disebutkan pada UU 5/2018. Apalagi UU tersebut telah memberikan amanah kepada TNI untuk terlibat dalam pemberantasan tindak pidana terorisme tersebut.


"Pihak keamanan baik dari Polri maupun TNI harus menindak tegas dan tanpa kompromi terhadap kelompok teroris KKB. Bahkan TNI sudah saatnya untuk memperkuat pasukan dengan menambah jumlah personil untuk menumpas KKB yang sangat meresahkan masyarakat tersebut," pungkasnya. 

Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: KKB Layak Dikategorikan Teroris
KKB Layak Dikategorikan Teroris
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2021/04/kkb-layak-dikategorikan-teroris.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2021/04/kkb-layak-dikategorikan-teroris.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy