Menag Resmi Batalkan Keberangkatan Jemaah Haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah kembali tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia tahun ini. Menteri Agama Y...

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah kembali tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia tahun ini.


  • Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto: KEMENAG

JAKARTA - Alasannya, lagi-lagi pandemi Covid-19. Menurut Gus Yaqut, kesehatan dan keselamatan jiwa jemaah lebih diutamakan. Dasar pijakannya: Undang-Undang No 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah yang mengamanahkan pemerintah untuk melaksanakan tugas perlindungan.

“Pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jemaah haji Indonesia,” tegas Menag kepada wartawan di Jakarta, Kamis (3/6).

Hari ini, sebut Yaqut pihaknya telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

Ia menegaskan, keputusan ini diambil setelah melalui kajian mendalam. Kemenag sudah melakukan pembahasan dengan Komisi VIII DPR, sehari sebelumnya (2/6). 

Yang jadi pertimbangan: keselamatan jemaah haji, aspek teknis persiapan, dan kebijakan yang diambil oleh otoritas pemerintah Arab Saudi. Komisi VIII DPR, klaim Yaqut dalam simpulan raker tersebut menghormati keputusan yang akan diambil Pemerintah. 

Selain dengan DPR, Kementeriannya juga sudah melakukan serangkaian kajian bersama Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, dan lembaga terkait lainnya. 

Tadi malam, Kemenag juga menggelar pertemuan virtual dengan MUI dan ormas-ormas Islam untuk membahas kebijakan tersebut. 

"Alhamdulillah, semua memahami bahwa dalam kondisi pandemi, keselamatan jiwa jemaah harus diutamakan," imbuhnya.

Untuk diketahui, sampai hari ini pemerintah Arab Saudi juga belum kunjung mengundang Pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani Nota Kesepahaman tentang Persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M.

"Ini bahkan tidak hanya Indonesia, tapi semua negara. Jadi sampai saat ini belum ada negara yang mendapat kuota, karena penandatanganan Nota Kesepahaman memang belum dilakukan," tegas Menag.

Kondisi ini berdampak pada persiapan penyelenggaraan ibadah haji. Sebab, berbagai persiapan yang sudah dilakukan, belum dapat difinalisasi. 

Untuk layanan dalam negeri, misalnya kontrak penerbangan, pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih), penyiapan dokumen perjalanan, penyiapan petugas, dan pelaksanaan bimbingan manasik. Semuanya baru bisa diselesaikan apabila besaran kuota haji sudah diterima dari Saudi.

Demikian pula penyiapan layanan di Saudi, baik akomodasi, konsumsi, maupun transportasi, belum bisa difinalisasi karena belum ada kepastian besaran kuota, termasuk juga skema penerapan protokol kesehatan haji, dan lainnya. Itu semua diatur dan disepakati dalam MoU antara negara pengirim jemaah dengan Saudi. 

"Nah, MoU tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442H/2021M itu hingga hari ini belum juga dilakukan," tuturnya.

Padahal, jelas Menag, untuk kuota 5 persen dari kuota normal saja, waktu penyiapan yang dibutuhkan tidak kurang dari 45 hari.

Berkaca pada penyelenggaraan... BERSAMBUNG, Times ID
Name

Birokrasi Bisnis daerah eksekutif featured foto Hikmah hukum Indeks Internasional kebijakan makro mikro Muda nasional opini politik Populi sport
false
ltr
item
IstanaPos.com: Menag Resmi Batalkan Keberangkatan Jemaah Haji
Menag Resmi Batalkan Keberangkatan Jemaah Haji
https://1.bp.blogspot.com/-pRcS6oyNtQY/YLiLdHjg_lI/AAAAAAAAAbQ/DotP5Ca1w0gQi-sxP59DO5jR6NuquiFKQCLcBGAsYHQ/s1280/E2yqcG7VEAY-lzT.jpeg.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-pRcS6oyNtQY/YLiLdHjg_lI/AAAAAAAAAbQ/DotP5Ca1w0gQi-sxP59DO5jR6NuquiFKQCLcBGAsYHQ/s72-c/E2yqcG7VEAY-lzT.jpeg.jpg
IstanaPos.com
https://www.istanapos.com/2021/06/pemerintah-resmi-batalkan-keberangkatan.html
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/
https://www.istanapos.com/2021/06/pemerintah-resmi-batalkan-keberangkatan.html
true
5747322589800627398
UTF-8
Not found any posts Lainnya Readmore Reply Cancel reply Delete By Beranda Halaman POS View All Berita Lain LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat'at Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy